Baca Berita Indoensia : Manfaatkan Air Beras Untuk kecantikan Wajah

Baca Berita Indoensia : Manfaatkan Air Beras Untuk kecantikan Wajah

Baca Berita Indonesia :  Dari serum wajah, krim pelembap, hingga facial sengatan lebah dan masker plasenta, industri kecantikan terus menerus berinovasi dengan beragam produk yang menjanjikan dapat membantu wanita mendapatkan penampilan awet muda. Belakangan ini, makin banyak brand kecantikan ternama yang menggunakan air beras dalam produknya. Manfaat air beras bagi kecantikan, terutama dalam mencegah penuaan, memang sudah lama dikenal. Daripada membeli produk mahal, kenapa tidak gunakan air beras sendiri saja di rumah?

Beras diperkaya oleh vitamin E dan memiliki sifat perbaruan sel dan jaringan. Beras juga tinggi akan kandungan asam linoleat, asam lemak omega-6 esensial yang membantu proses penyembuhan luka dan elastisitas kulit, squalene — juga ditemukan dalam minyak hati ikan hiu, serta bayam dan zaitun — yang diperlukan untuk sintesis berbagai hormon tubuh, dan vitamin D.

Baca Berita Indonesia : 3 Cara Menunda Datang Bulan Yang Aman Dan Minim Resiko

 

Penelitian terbitan Journal of Cosmetic Chemists (SCCJ) tahun 2010 menemukan bahwa air beras menunjukkan sifat perawatan rambut, seperti menurunkan gesekan permukaan rambut dan meningkatkan elastisitas rambut. Air beras mengandung inositol, karbohidrat yang menyembuhkan kerusakan rambut juga sekaligus melindunginya lebih lanjut dari potensi kerusakan. Teknik pencitraan khusus menunjukkan bahwa kandungan inositol akan terus menetap dalam rambut bahkan setelah pembilasan, yang menawarkan perlindungan yang berkelanjutan dan efek mempercantik penampilan rambut.

Membilas atau mencuci rambut Anda dengan air beras akan meningkatkan kemudahan mengelola rambut dan melindunginya dari kerusakan di masa depan. Selain itu, asam amino dalam air beras menguatkan akar rambut, menambah volume dan kemilau, dan bahkan membuat rambut mulus dan tidak kusut. Khasiat kecantikan rambut dari air beras ini menjelaskan bagaimana wanita suku Yao di barat daya Cina dan wanita Jepang periode Heian bisa memiliki rambut dengan panjang mencapai dua meter yang tetap terjaga kesehatan dan kecantikannya.

Baca Berita Indonesia : 4 Pilihan Obat Dari Dokter Untuk Mengatasi Menstruasi Yang Tidak Teratur

 

Bandar Bola

Tidak terbatas hanya pada rambut, air beras juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Beras mengandung antioksidan alami seperti vitamin C dan A, fenolik, dan senyawa flavonoid, yang dapat meminimalkan kerusakan radikal bebas dari usia, matahari, dan lingkungan. Selama jejak-jejaknya masih tertinggal di dalam kulit, air beras bahkan diyakini menawarkan perlindungan ringan dari sinar matahari. Beras juga memiliki sifat yang membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah, mencegah atau memudarkan bintik-bintik hitam terkait usia, dan meringankan peradangan untuk memberikan tampilan kulit sehat, melembapkan dan mencerahkan kulit.

Berkat efek pendinginan dan menenangkan dari beras pada kulit, air beras sering diresepkan sebagai salep yang efektif untuk mendinginkan kulit yang meradang. Penelitian terbitan NCBI menunjukkan bahwa menggunakan air rendaman beras terbukti efektif memperbaiki lesi kulit kering akibat dermatitis atopik.

Baca Berita Indonesia : 3 Jenis Makanan Yang Paling Sering Jadi Penyebab Wasir

 

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa air bekas Anda mencuci beras adalah air beras, tapi itu tidak sepenuhnya benar. Anda bisa saja menggunakan air tersebut, namun manfaatnya tidak akan persis sama seperti jika Anda menggunakan air bekas rebusan beras (yang bisa diperoleh saat Anda menanak nasi putih untuk teman lauk makan siang).

Untuk menggunakan air beras, kukus beras seperti biasa. Hanya saja, tambahkan sedikit air lebih banyak dari yang diperlukan untuk proses penyerapan. Anda dapat menggunakan air minum botolan atau air suling dari keran. Jangan tambahkan garam atau gula. Yang kita perlukan adalah sari pati beras, bukan bahan-bahan tambahan lainnya. Kukus beras hingga tanak, selama 20-30 menit, sampai air rebusan terlihat berwarna putih susu.

Baca Berita Indonesia : 3 Makanan Sehat Untuk Mencengah Divertikulitis

 

Air rebusan beras sama bergizinya dengan nasi itu sendiri, dan banyak kebudayaan Asia yang bersumpah akan manfaat kesehatan dan umur panjang dari konsumsi nasi. Oleh karena itu, banyak orang yang juga percaya bahwa meminum air rebusan beras dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan.

Beras dianggap bagus untuk kesehatan otak dengan merangsang produksi neurotransmiter tertentu yang dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer. Enzim neuroprotektif di otak juga dirangsang oleh konsumsi beras yang membantu membentengi sel-sel otak dari kerusakan radikal bebas. Enzim ini juga dapat mencegah racun lainnya dari melukai otak, sehingga menangkal kemungkinan kerusakan otak lainnya, seperti demensia.

Baca Berita Indonesia : 7 Makanan Sehat Untuk Pengidap Gangguan Liver

 

Sumber : HELLOSEHAT

Creat By : Babeindonesia

 

Leave a Comment