Baca Berita Indonesia : 4 Cara Mengobati Penyakit Gondok Sampai Tuntas

Penyakit gondok merupakan penyakit yang menyebabkan terjadinya pembengkakan kelenjar tiroid. Kelenjar ini adalah organ berbentuk kupu-kupu yang terletak tepat di bawah jakun. Fungsinya cukup penting yaitu untuk memproduksi hormon tiroid yang berperan dalam berbagai proses-proses kimiawi yang terjadi dalam tubuh. Oleh karena itu, jika terserang penyakit ini harus tahu obat sakit gondok dan penangannya yang tepat. Dalam kondisi normal kinerja kelenjar tiroid tidak akan kita sadari sama sekali, sama seperti organ-organ dalam lainnya.

Namun ketika terjadi pembengkakan, kelenjar tiroid akan membentuk benjolan pada leher. Benjolan ini dapat bergerak naik dan turun ketika menelan makanan. Ukurannya pun dapat bervariasi pada setiap pengidap. Pada sebagian besar kasus pengidap penyakit gondok tidak akan merasakan gejala apapun kecuali adanya benjolan di leher. Tapi pada kasus yang parah, pengidap penyakit gondok dapat merasakan berbagai gejala lain seperti batuk, leher terasa tercekik, suara menjadi serak, susah menelan, dan kesulitan bernapas.

Baca Berita Indonesia : 6 Penyebab Stroke Menyerang Di Usia Muda

 

Penyakit gondok dapat ditangani dengan beberapa cara. Penentuan langkah pengobatan terhadap penyakit ini akan bergantung pada beberapa faktor pada ukuran benjolan, gejala yang dirasakan, serta penyebab dasar terjadinya penyakit gondok. Benjolan yang kecil dan tidak menyebabkan gejala umumnya tidak langsung ditangani. Dokter akan memantau perkembangan kondisi sebelum melakukan tindak lanjut karena gondok biasanya bisa sembuh tanpa membutuhkan penanganan.

Tetapi jika benjolan terus membesar hingga mengganggu kondisi kesehatan pengidapnya, ada beberapa langkah pengobatan yang dapat diambil. Metode-metode penanganan yang akan dianjurkan oleh dokter, antara lain:

1. Pemberian Obat Penurun Hormon Tiroid

Beberapa jenis obat penurun hormon tiroid seperti thionamide, biasanya diperlukan untuk menurunkan kadar hormon tiroid dengan cara menghambat proses produksinya. Obat ini digunakan untuk mengatasi penyakit gondok yang disebabkan oleh hipertiroidisme. Efek sampingnya meliputi mual, nyeri pada sendi, ruam ringan serta penurunan jumlah sel darah putih secara mendadak.

2. Terapi Penggantian Hormon

Bandar Bola

Langkah pengobatan jenis ini dilakukan untuk menangani hipotiroidisme dengan menggantikan hormon tiroid, dan umumnya harus dijalani seumur hidup. Contoh obatnya adalah levothyroxine.

Baca Berita Indonesia : 4 Perawatan Wajah Untuk Usir Flek Hitam

 

3. Terapi Yodium Radioaktif

Terapi ini juga termasuk penanganan untuk penyakit gondok yang disebabkan oleh hipertiroidisme. Yodium radioaktif yang dikonsumsi akan bertugas menghancurkan sel-sel tiroid. Metode pengobatan ini terbukti dapat mengecilkan ukuran benjolan tetapi juga bisa memicu hipotiroidisme.

4. Operasi

Benjolan yang terus membesar hingga mengganggu pernapasan dan menyebabkan pengidap sulit menelan umumnya ditangani dengan operasi. Langkah ini akan dilakukan dengan tiroidektomi, yaitu prosedur pengangkatan sebagian atau seluruh kelenjar tiroid. Prosedur ini juga disarankan bagi pengidap yang diduga memiliki benjolan tiroid yang mengandung sel-sel kanker.

Tiap operasi pasti memiliki risiko, termasuk tiroidektomi. Walau kemungkinannya tergolong kecil, pengidap yang menjalani prosedur ini berpotensi mengalami komplikasi kerusakan pada saraf dan kelenjar paratiroid. Contoh kerusakan saraf yang mungkin terjadi adalah perubahan suara dan gangguan pernapasan. Komplikasi ini bisa bersifat sementara atau permanen. Sementara kerusakan pada kelenjar paratiroid akan memengaruhi pengaturan kadar kalsium dalam darah dan tulang.

Baca Berita Indonesia : Tips Cara Mneghilangkan Komedo Di Hidung Secara Gampang,Bisa Anda Coba Di Rumah

 

Sumber : HALODOC

Creat By : Babeindonesia

One Thought to “Baca Berita Indonesia : 4 Cara Mengobati Penyakit Gondok Sampai Tuntas”

  1. […] Baca Berita Indonesia : 4 Cara Mengobati Penyakit Gondok Sampai Tuntas […]

Leave a Comment