Baca Berita Indonesia : 4 Penyebab Serangan Jantung Yang Tidak Terduga

Baca Berita Indonesia : 4 Penyebab Serangan Jantung Yang Tidak Terduga

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Di Indonesia data dari Departemen Kesehatan tahun 2014 silam melaporkan penyakit jantung koroner menyumbang 12,9 persen angka. Penyebab kematian dari penyakit jantung adalah saat pengidapnya mengalami serangan jantung dan tidak ditangani dengan tepat. Penyebab serangan jantung bermacam-macam dan orang usia muda dapat terkena serangan jantung.

Penyebab serangan jantung adalah penyumbatan atau penyempitan arteri koroner. Bagian ini merupakan pembuluh darah pada jantung yang memiliki fungsi menyampaikan darah yang kaya oksigen ke seluruh organ tubuh termasuk jantung. Bila aliran arteri ini tersumbat, oksigen tidak dapat mencapai otot jantung dan otot jantung dapat mati bila dibiarkan lama tanpa oksigen. Sebab bermacam faktor akhirnya aliran darah menuju jantung jadi turun secara signifikan atau berhenti. Waspada serangan jantung, ini beberapa penyebab yang tidak terduga sebelumnya.

Baca Berita Indonesia : 4 Fakta Tentang Program Diet Karbohidrat

 

1. Menghirup Polusi Udara

Mungkin untuk yang aktif berkegiatan dan sering kali terpapar polusi udara maka pertimbangkan untuk menggunakan penutup hidung. Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa paparan polusi udara yang terlalu sering memicu penyakit jantung, polusi udara tersebut memperburuk kondisi jantung dengan cara membuat hila darah, kolesterol dan faktor lainnya menjadi semakin buruk. Selain itu, penelitian lain menemukan polusi udara dapat mengurangi kolesterol HDL. Paparan udara ini sangat berbahaya pada orang usia muda karena dapat menyebabkan kerusakan dan pembengkakan pembuluh darah.

2. Suara Keras

Bandar Bola

Beberapa orang mungkin mengira suara keras hanya memicu gangguan pendengaran seperti tinnitus. Padahal suara keras juga menyebabkan lonjakan hormon stres yang akan meningkatkan tekanan darah. Akibat tekanan darah yang terus meningkat ini maka gangguan kesehatan lebih tinggi seperti gagal jantung, irama jantung tidak teratur, hipertensi, kolesterol tinggi, dan kadar gula darah tinggi.

Baca Berita Indonesia : Say Yes! Jangan Takut Gendut Karena Keju

 

3. Terlalu Sering Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Salah satu obat pereda nyeri yang dapat menjadi penyebab serangan jantung adalah NSAID (obat non-steroid antiinflamasi) yakni obat yang biasa digunakan untuk mengatasi demam, peradangan, keseleo, sakit kepala, migrain, dan nyeri menstruasi. Contoh dari NSAID ini adalah aspirin dan ibuprofen. Kabar ini masih belum sepenuhnya benar namun para peneliti yakin bahwa konsumsi obat ini di luar anjuran dokter meningkatkan risiko perdarahan yang memungkinkan peningkatan penggumpalan darah berbahaya di arteri jantung yang rentan. Untuk itu pastikan mengonsumsi obat ini sesuai petunjuk dokter, terutama bagi yang memiliki penyakit seperti hipertensi, diabetes, atau kolesterol tinggi.

4. Psoriasis

Meski tergolong penyakit autoimun yang menyerang area kulit, faktanya psoriasis bisa menjadi penyebab serangan jantung. Hal ini karena peradangan akibat penyakit ini dapat merusak arteri jantung dari dalam yang menyebabkan peningkatan risiko serangan jantung dan stroke. Selain itu mereka yang terkena psoriasis juga memiliki kolesterol tinggi, obesitas, serta diabetes yang membahayakan kesehatan jantung.

Bagi kaum muda yang memiliki risiko di atas maka sebaiknya hindari kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan risiko penyebab penyakit jantung. Komunikasikan dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut jika kamu mengalami gangguan kesehatan.

Baca Berita Indonesia : Cara Mengolah Okra Untuk Kolesterol, Bisa Ditumis Dan Infused Water

 

Sumber : HALODOC

Creat By : Babeindonesia

Leave a Comment