Baca Berita Indonesia : 5 Makanan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Terkena Trombositosis

Trombositosis adalah kondisi saat jumlah trombosit dalam darah menjadi tinggi. Trombosit sendiri adalah sel darah yang memiliki fungsi dalam proses pembekuan darah dengan cara saling menempel untuk membentuk bekuan darah. Jika jumlah trombosit dalam darah terlalu banyak, maka kondisi ini menyebabkan penyumbatan pembuluh darah pada beberapa anggota tubuh. Contoh penyakit yang dipicu akibat kondisi ini antara lain stroke dan serangan jantung.

Pada orang yang sehat jumlah trombosit dalam sel darah berkisar 150.000 hingga 450.000 per mikroliter darah. Seseorang dinyatakan mengalami trombositosis apabila ia memiliki jumlah trombosit di atas 450.000 per mikroliter darah. Oleh karena itu, kondisi ini dapat diatasi dengan cara rutin mengonsumsi makanan yang mampu menurunkan kadar trombosit.

Berikut ini beberapa jenis makanan untuk trombositosis yang dapat dicoba.

Baca Berita Indoensia : 4 Macam Pelindung Yang Wajib Dimiliki Saat Musim Hujan Datang

 

1. Bawang Putih

Makanan untuk trombositosis pertama yang dapat kamu coba adalah bawang putih mentah. Makanan ini telah teruji mampu mengurangi jumlah trombosit di dalam darah. Bawang putih mentah baik utuh maupun setelah dihaluskan mengandung senyawa allicin yang dapat berpengaruh pada kemampuan tubuh menghasilkan trombosit. Tubuh merespon penurunan kadar trombosit dengan meningkatkan kekebalannya yang bermanfaat untuk membantu melindungi tubuh dari serangan segala macam benda asing (seperti virus atau bakteri). Selain itu, kandungan allicin dalam bawang putih turun drastis saat dimasak, jadi sebaiknya konsumsi bawang putih tersebut dalam kondisi mentah.

2. Buah Delima

 

Buah delima memiliki kandungan polifenol yang tinggi sehingga bersifat antitrombosit di dalam tubuh. Mengonsumsi buah delima baik itu secara mentah atau melalui sarinya, makan produksi trombosit dalam tubuh akan berkurang sehingga proses penggumpalan darah dapat dicegah.

Baca Berita Indonesia : 4 Manfaat Vitamin C Untuk Wajah Yang Mesti Di Coba

 

3. Makanan Laut

Kandungan omega-3 dalam hidangan laut ternyata juga dapat menghambat produksi trombosit. Asam lemak omega-3 akan bekerja pada tubuh dengan cara mengencerkan darah dan mengurangi peluang terjadinya penggumpalan darah jika mengonsumsi makanan laut seperti tuna, salmon, ikan sarden, kerang, dan ikan haring kaya akan kandungan omega-3. Jika sudah positif mengidap trombositosis maka usahakan untuk memasukkan 2 hingga 3 porsi hidangan laut setiap minggunya untuk memenuhi angka kecukupan gizi omega-3. Jika bagi yang tidak suka konsumsi ikan dapat memenuhi kebutuhan omega 3 melalui suplemen minyak ikan sebanyak 3000-4000 mg setiap harinya.

Baca Berita Indonesia : Ketahui 6 Makanan Tinggi Protein Yang Baik Untuk Si Kecil

 

4. Ginseng

Makanan untuk trombositosis selanjutnya yang dapat dicoba adalah ginseng. Herbal asal Korea ini mengandung senyawa ginsenoside yang dikenal ampuh mengurangi penggumpalan darah. Kondisi penggumpalan darah adalah hal yang dikhawatirkan terjadi saat seseorang memiliki jumlah trombosit yang berlebih. Tidak hanya bisa dikonsumsi langsung, ginseng tersedia dalam bentuk kapsul yang dapat dibeli di toko obat atau toko makanan.

5. Anggur Merah

Dalam minuman anggur merah ternyata terkandung senyawa flavonoid yang berasal dari kulit buah anggur saat proses fermentasinya. Flavonoid ini akan bekerja mencegah penggumpalan darah dengan cara mencegah pembentukan sel lapisan dalam dinding arteri yang berlebihan. Akibatnya kemungkinan terjadinya penggumpalan darah akan berkurang, namun ada baiknya agar membatasi meminum anggur merah dan pastikan untuk memfokuskan konsumsinya untuk menunjang proses pengobatan.

Baca Berita Indonesia : 10 Makanan Dengan Kandungan Zat Besi Tinggi Untuk Orangtua

 

Sumber : HALODOC

Creat By : Babeindonesia

One Thought to “Baca Berita Indonesia : 5 Makanan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Terkena Trombositosis”

  1. […] Baca Berita Indonesia : 5 Makanan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Terkena Trombositosis […]

Leave a Comment