Baca Berita Indonesia : 6 Manfaat Okra Anti Kanker Yang Jarang Diketahui

Baca Berita Indonesia : 6 Manfaat Okra Anti Kanker Yang Jarang Diketahui

Okra merupakan sayuran yang sangat lunak dan berlendir. Tanaman ini berbentuk panjang dan meruncing di bagian ujungnya, mirip dengan jari-jari lentik wanita. Oleh karena itu, okra juga dikenal dengan sebutan nama Lady’s Finger. Sayuran yang bentuknya seperti cabai ini memiliki rasa seperti terung dan memiliki dua varian yakni okra hijau dan okra merah. Kedua varian okra ini memiliki rasa yang sama dan hanya berbeda warna. Sayuran dengan nama ilmiah Abelmoschus esculentus ini umumnya tumbuh di negara yang beriklim tropis. Tanaman ini berasal dari daerah sekitar Ethiopia dan Asia Selatan.

Saat ini tren budidaya okra mulai tumbuh di Indonesia. Hal ini tak lepas dari manfaat okra yang sangat baik untuk kesehatan manusia. Okra adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak serat dan glutation. Tak hanya itu, dalam sebuah okra, terkandung juga vitamin, mineral, dan protein. Penasaran apa saja manfaat okra yang berguna untuk kesehatan manusia?
Berikut rangkuman manfaat Okra untuk kesehatan.

Baca Berita Indonesia : 9 Macam Makanan Yang Tidak Bakalan Bisa Bikin Kamu Gendut Guys!

1. Mencegah Gangguan Fungsi Ginjal

Cara mengambil manfaat okra untuk kesehatan adalah dengan mengonsumsi okra dengan teratur. Cara ini terbukti dapat mencegah gangguan fungsi ginjal. Hal tersebut ditunjukkan dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2005 yang diterbitkan dalam Jilin Medical Journal. Dalam jurnal tersebut ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak okra secara rutin memiliki gejala gangguan fungsi ginjal yang lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak memakan okra.

2. Mencegah Anemia

Manfaat okra untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mencegah anemia. Caranya adalah dengan rutin mengonsumsi okra. Kebiasaan ini akan membantu produksi sel darah merah yang secara efektif bisa mencegah atau mengobati anemia.

3. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat okra lainnya juga bisa diperoleh ibu hamil ataupun ibu menyusui. Kandungan folat pada okra mampu membantu perkembangan janin dalam rahim dan menurunkan resiko cacat ketika lahir. Mengonsumsi okra saat hamil bisa jadi salah satu alternative untuk memenuhi asupan folat harian dimana dalam 100 gram okra terkandung sekitar 60 mcg folat dengan rekomendasi 400 mcg folat per harinya.

Baca Berita Indonesia : Ayu Ting Ting Tetap Senang Meski Lagunya Dinyanyikan Tanpa Izin!

4. Bersifat Anti Kanker

Okra adalah sumber antioksidan yang sangat baik dan bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, manfaat okra untuk kesehatan selanjutnya adalah sebagai anti kanker. Sifat sehatnya bisa melindungi tubuh dari radikal bebas serta mencegah mutasi sel kanker.

5. Melindungi Hati dan Jantung

Okra juga dikenal memiliki efek hepatoprotektif atau mampu melindungi organ hati dari kerusakan akibat peradangan atau radikal bebas. Senyawa antioksidan dan serat yang terkandung pada okra mampu membantu proses detoksifikasi racun dari dalam hati dan mengeluarkannya sehingga hati dapat berfungsi dengan lebih baik dan terhindar dari masalah. Oleh sebab itu manfaat okra untuk kesehatan adalah melindungi hati dan jantung.

6. Mengurangi Asma

Manfaat okra untuk kesehatan selanjutnya adalah memabntu mengurangi asma. Hal ini karena okra mengandung sejumlah vitamin C dan zat antioksidan. Kandungan tersebut bisa membantu mengurangi serangan asma secara aktif.

Baca Berita Indonesia : Tips Untuk Memilih Produk Kecantikan Khusus Pemilik Kulit Sensitif !

 

Sumber : BERITA TERBARU

Creat By : Babeindonesia

 

Leave a Comment