Baca Berita Indonesia : Bunga-Bunga Cantik Yang Dapat Dimakan

Baca Berita Indonesia : Bunga-Bunga Cantik Yang Dapat Dimakan

Baca Berita Indonesia :  Bunga umumnya dikenal sebagai tanaman untuk penghias ruangan atau taman karena bentuk dan warnanya yang bervariasi. Tak hanya itu, keindahan bunga banyak dipuja orang-orang karena karakter setiap bunga memiliki keunikan tersendiri.

Namun di beberapa daerah di Indonesia, cukup banyak yang menjadikan bunga sebagai bahan makanan. misalnya masyarakat di Jawa Tengah, sudah terbiasa menggunakan bunga turi sebagai salah satu bahan untuk membuat pecel. Begitupun etnis atau suku lain yang juga sudah terbiasa menggunakan jantung pisang yang merupakan bunga tanaman pisang sebagai salah satu bahan masakan.

Namun selain bunga-bunga yang umum dikonsumsi tersebut, ada juga beberapa bunga indah yang bisa dijadikan sebagai hiasan pada makanan sekaligus bisa untuk dikonsumsi. Berikut, beberapa diantaranya:

Baca Berita Indonesia : 5 Perbedaan Jenis Minyak Yang Bisa Dipakai Masak Sehari-hari Dan Fungsinya

 

1. Mawar

Baca Berita Indonesia : Bunga-Bunga Cantik Yang Dapat Dimakan

Selain rupanya yang cantik, mawar juga biasa digunakan sebagai bahan masakan. Bunga ini biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat selai, jelly, cake, sirup ataupun teh. Selain itu, bunga mawar juga bisa digunakan sebagai perawatan kecantikan. Bunga mawar memiliki manfaat sebagai anti inflamasi, kaya akan vitamin, dan juga mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca Berita Indonesia : Manfaat Bunga Matahari Yang Belum Banyak Orang Tahu

 

2. Bunga Matahari

Baca Berita Indonesia : Bunga-Bunga Cantik Yang Dapat Dimakan

Biasanya olahan dari bunga matahari adalah kuaci yang bijinya bisa dimakan. Tak hanya itu, ternyata kelopak bunga matahari juga bisa dikonsumsi. Di beberapa daerah, kelopak bunga matahari yang masih muda biasanya direbus dan dimakan, selain itu juga dimasukkan ke dalam sup atau ke makanan yang berkuah. Mengkonsumsi kelopak bunga matahari dapat membantu meredakan sakit kepala atau nyeri menstruasi.

Baca Berita Indonesia : Meskipun Enak 5 Bahan Makanan Ini Dilarang Di Beberapa Negara Di Dunia

 

3. Lavender

Baca Berita Indonesia : Bunga-Bunga Cantik Yang Dapat Dimakan

Lavender sudah tidak asing lagi jika digunakan sebagai bahan makanan. Kelopak bunga lavender ini biasa dibuat menjadi manisan, minuman segar atau sebagai bahan dasar kue. Lavender ini memiliki khasiat untuk mengatasi insomnia, merelaksasikan otot, anti virus, anti jamur dan juga anti bakteri. Bunga ini memiliki rasa yang manis, pedas dan juga wangi.

Baca Berita Indonesia : 4 Dampak Kurang Minum Air Putih, Salah Satunya Merusak Ginjal

 

4. Pansy

Baca Berita Indonesia : Bunga-Bunga Cantik Yang Dapat Dimakan

Bunga Pansy memiliki banyak warna dan berbagai macam kombinasinya. Bunga-bunga ini memiliki rasa yang ringan dan segar atau rasa yang sejuk tergantung pada varietasnya. Ketika dikonsumsi, bunga pansy akan menghasilkan sensasi dingin (mint) dan sedikit grassy. Pansy biasanya digunakan sebagai campuran salad, buah, sup, dan makanan pencuci mulut. Selain itu sensasi mint pada pansy akan menjadi sempurna jika ditambahkan dalam koktail.

Baca Berita Indonesia : Tren Jus Seledri Ala Kim Kardashian Bisa Membuat Wajah Mudah Keriput

 

5. Lily

Baca Berita Indonesia : Bunga-Bunga Cantik Yang Dapat Dimakan

Bunga lily mempunyai rasa manis yang hampir menyerupai melon atau mentimun. Mahkota bunga lily dapat digunakan sebagai campuran salad, tumisan, sup, atau dipotong-potong dan disajikan sebagai gorengan. Cobalah untuk menumis kuncup bunga atau bunganya yang dapat diisi dengan berbagai macam isian.

Baca Berita Indonesia : Bisa Ngopi Murah Meriah Di Kedai Kopi Yang Nyaman Ini

 

Untuk mengetahui apakah bunga-bunga tersebut layak dikonsumsi atau tidak, maka harus diperhatikan hal-hal seperti berikut :

* Pastikan untuk menghindari penggunaan bunga yang telah disemprot dengan pestisida atau bahan kimia lainnya.
* Saat memasak atau menyajikannya, bersihkan terlebih dahulu dengan di dalam wadah besar berisi air dingin.
* Jangan menggunakan bunga yang tumbuh liar di pinggir jalan
* Konsumsi hanya pada bagian yang diperbolehkan, seperti mahkota dan kelopak bunga
* Hindari mengkonsumsi bunga-bunga yang dapat mengakibatkan keracunan, diantaranya: Hydrangea, Daffodil (semacam bunga bakung), Azalea, Rhododendron, Oleander dan bunga pukul empat.
* Jangan mengkonsumsi bunga bila memiliki penyakit asma atau alergi.

Baca Berita Indonesia : Ternyata 5 Makanan Yang Sering Dikonsumsi Ini Bisa Mengandung Racun

 

Sumber : BAKTIKUNEGERIKU

Creat By : Babeindonesia

Leave a Comment