Baca Berita Indonesia : Cara Mengolah Okra Untuk Kolesterol, Bisa Ditumis Dan Infused Water

Baca Berita Indonesia : Cara Mengolah Okra Untuk Kolesterol, Bisa Ditumis Dan Infused Water

Okra adalah jenis sayuran berbentuk polong yang kadang kita temui di supermarket atau pasar tradisional. Bentuknya mirip dengan cabai hijau, hanya saja warnanya lebih muda dan memiliki bulu halus di permukaan. Di negara-negara barat, okra disebut dengan nama ladies’ fingers. Sementara di Afrika lebih dikenal dengan nama okro. Di Indonesia sendiri kadang sayuran hijau ini disebut bendi.

Bagian dalam okra memiliki tekstur yang mirip dengan terong saat digigit. Sementara kulit luarnya agak renyah seperti oyong. Jika dimasak, sayuran ini akan mengeluarkan sejenis lendir dalam jumlah banyak. Karena itulah tak sedikit yang enggan mengolahnya menjadi makanan. Okra memproduksi mucilaginous yang mirip dengan lendir lidah buaya. Namun lendir ini sebenarnya merupakan sumber serat larut yang baik untuk tubuh dan saluran pencernaan.

Baca Berita Indonesia : Makanan Termahal Di Dunia, Salah Satunya Makanan Asli Indonesia

 

Selain serat, okra juga memiliki kandungan vitamin C dan vitamin K. Jika dikonsumsi, sayuran ini bisa membantu membersihkan liver, menstabilkan kadar gula darah, melancarkan pencernaan, dan meluruhkan batu ginjal. Konsumsi okra secara teratur juga dapat membantu mengatasi kejang sendi, radang paru-paru, dan meringankan wasir (ambeien).

Bandar Bola

Sayuran okra sering diolah menjadi masakan seperti tumis, lodeh, goreng tepung, sup dll. Sayangnya jika dimasak dengan suhu tinggi pasti nutrisi di dalamnya akan berkurang. Cara mengolah okra untuk obat kolesterol yang paling tepat adalah dengan menjadikannya infused water. Beberapa tahun belakangan, infused water sangat populer di Indonesia. Resepnya sangat mudah, cukup rendam buah segar, sayur ataupun rempah-rempah dalam air selama beberapa jam.

Baca Berita Indonesia : Warganet Ungkap Fakta Mengejutkan Kabar Pernikahan Risty Tagor

 

Mengganti minuman bergula tinggi seperti kopi, teh ataupun susu dengan infused water terbukti dapat mengurangi kadar gula darah sekaligus menurunkan berat badan. Apalagi okra memiliki indeks glikemik rendah yang aman dikonsumsi penderita diabetes.
Cara mengolah sayur okra menjadi infused water yang segar dan berkhasiat:
– Siapkan 5-6 okra, air 600 ml dan botol/ toples.
– Cuci sayur okra lalu buang bagian ujungnya dan potong tipis.
– Masukkan potongan okra dan air hingga terendam dalam botol.
– Taruh dalam lemari pendingin sekitar 3 jam.
– Tinggal diminum saja, hasilnya sedikit kental dan langu karena lendir yang keluar dari okra.
– Jika air habis bisa ditambahkan lagi, irisan okra bisa direndam sampai 3 kali.

Baca Berita Indonesia : 8 Jenis Makanan Yang Lebih Baik Dikonsumsi Mentah

 

Sumber : BERITA TERBARU

Creat By : Babeindonesia

One Thought to “Baca Berita Indonesia : Cara Mengolah Okra Untuk Kolesterol, Bisa Ditumis Dan Infused Water”

  1. […] Baca Berita Indonesia : Cara Mengolah Okra Untuk Kolesterol, Bisa Ditumis Dan Infused Water […]

Leave a Comment