Baca Berita Indonesia : Kalkun Hingga Ulat Renyah Jadi Hidangan Spesial Natal

Sajian Natal identik dengan makanan Eropa. Ini karena agama Kristen berasal dari Eropa sehingga menyebar berikut tradisi perayaan hari raya ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Natal dirayakan di setiap tanggal 25 Desember yang bertepatan dengan musim dingin di negara-negara Eropa. Karenanya makanan berlemak, manis dan creamy menjadi pilihan mereka. Beberapa jenis hidangan Natal tersebut kemudian diadaptasi oleh banyak negara.

Baca Berita Indonesia : Prabowo Ke Kader Gerindra : Kalau Kita Kalah, Negara Ini Akan Punah

 

Tiap negara punya sajian Natal yang unik bergantung pada kondisi alam dan budaya setempat. Didominasi oleh sajian unggas dan daging sapi yang dimasak secara khusus. Salah satunya kalkun panggang. Ini karena perayaan Natal berdekatan dengan Thanksgiving di Amerika Serikat yang punya ikon sajian kalkun panggang. Meskipun hidangan itu berasal dari Inggris. Kalkun utuh di panggang dan disajikan dengan saus cranberry, kentang lumat, dan aneka sayuran. Sebenarnya dulu negara Inggris tak menyajikan kalkun dalam perayaan Natal. Para warga hanya menyediakan hidangan berbahan dasar angsa, babi hutan hingga burung merak.

Tapi di tahun 1526, warga Inggris mulai mengenal ayam kalkun. Sejak saat itu, banyak warga yang mencoba ragam kreasi ayam kalkun. Sampai akhirnya King Henry VII mulai menyajikan kalkun panggang dalam perayaan Natal seperti dilaporkan The Fact Site. Sejak saat itu hingga tahun 1950, ayam kalkun justru identik sebagai hidangan spesial Natal, mengalahkan pamor sajian berbahan dasar angsa. Hingga kini, banyak orang di dunia yang sengaja memasak ayam kalkun panggang utuh khusus untuk santap malam Natal. Porsinya yang besar memang sangat pas dimakan bersama keluarga.

Baca Berita Indonesia : 4 Fakta Tentang Program Diet Karbohidrat

 

Tapi, ada juga negara yang melahap sajian tak biasa di hari Natal. Salah satunya ialah ulat goreng. Menu berbahan dasar ulat itu mudah ditemukan di Afrika Selatan jelang Natal. Sebab ulat bernama Ulat Mopane memang memiliki waktu panen bertepatan dengan Natal. Karena itu, ulat jenis itu digoreng hingga renyah dan dijadikan santapan spesial Natal.

Sedangkan di Jepang, perayaan Natal justru jadi perayaan ‘junk food’. Sebab warga Jepang sangat tergila-gila pada Kentucky Fried Chicken (KFC). Sebanyak 3.6 juta keluarga di sana setiap tahun berpesta di KFC saat malam Natal. Di malam itu, penduduk Jepang juga harus memesan hidangan di KFC terlebih dahulu agar ayam gorengnya bisa disiapkan dalam jumlah banyak.

Baca Berita Indonesia : 5 Bahan Alami Untuk Meredakan Sakit Gigi Bungsu

 

Sumber : BERITA TERBARU

Creat By : Babeindonesia

 

Leave a Comment