Baca Berita Indonesia : Kolesterol Tinggi Bisa Menyerang Berbagai Usia, Wajib Waspada

Baca Berita Indonesia : Kolesterol Tinggi Bisa Menyerang Berbagai Usia, Wajib Waspada

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi, salah satunya adalah gaya hidup. Hingga sekarang, masih banyak yang beranggapan kalau kolesterol tinggi hanya bisa diderita oleh orang tua. Siapa sangka, usia ternyata tak ada pengaruhnya dengan kolesterol, terutama jika gaya hidupmu tidak teratur.

Institut Jantung, Paru, dan Darah Amerika mendefinisikan kolesterol sebagai zat seperti lilin dan seperti lemak yang ditemukan di semua sel tubuh. Kolesterol dibawa melalui tubuh oleh dua jenis lipoprotein, satu yang baik dan satu sangat buruk. Ketika berbicara tentang kolesterol tinggi, berarti kadar LDL dalam darah tinggi dan lipoprotein buruk.

Kolesterol tinggi adalah kondisi di mana tingkat kolesterol dalam darah melampaui kadar normal sehingga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Sebagian besar kolesterol diproduksi di hati serta sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Fungsi kolesterol adalah turut memproduksi sel-sel sehat, sejumlah hormon, atau vitamin D.

Walaupun dibutuhkan, kolesterol yang berlebih akan tertimbun di sepanjang dinding pembuluh darah arteri sebagai plak, sehingga mempersempit dan menghambat aliran darah. Akibatnya, banyak bagian tubuh yang kekurangan pasokan darah sehingga berisiko menimbulkan masalah kesehatan serius, seperti serangan jantung atau stroke. Selain faktor genetik, kolesterol tinggi juga bisa terjadi karena mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kolesterol atau kurang berolahraga.

Berikut penyebab kolesterol tinggi dari makanan :

Baca Berita Indonesia : 10 Manfaat Dari Minuman Citrus Squash Buat Tubuh Anda

1. Daging Merah

Penyebab kolesterol tinggi dari makanan lainnya adalah daging merah. Daging merah yang berasal dari sapi, domba, dan babi cenderung mengandung lebih banyak kolesterol daripada lemak jenuh. Selain mampu meningkatkan kolesterol, daging merah juga mampu memperburuk kondisi penyakit jantung. American Heart Association menganjurkan ikan salmon, kacang-kacangan, serta ayam yang tidak digoreng sebagai pengganti yang lebih baik.

2. Hati Ayam

Hati Ayam juga merupakan makanan penyebab kolesterol tinggi. Tingkat kolestrol tinggi pada hewan terletak di dalam organ. Meskipun kaya akan kandungan zat besi, hati ayam menjadi sumber utama kolesterol karena merupakan tempat pembuatan dan penyimpanan kolestrol dalam tubuh.

3. Ayam Goreng

Ayam bisa menjadi makanan pengganti daging merah yang rendah lemak jenuh. Namun, jika digoreng makanan akan kehilangan kadar air dan menyerap lemak, sehingga lebih padat kalori. Minyak yang digunakan untuk menggoreng juga cenderung memiliki kadar lemak trans yang tinggi.

Baca Berita Indonesia : Bahayanya Terlalu Mengosumsi Makanan Siap Saji Guys!

4. Kentang Goreng

Studi yang diterbitkan oleh Harvard School of Public Health menyebutkan bahwa kentang goreng memiliki kadar kolesterol tinggi akibat minyak nabati yang terhidrogenasi. Makanan dengan minyak yang terhidrogenasi cenderung memiliki jumlah lemak trans yang besar.

5. Es Krim

Mengonsumsi es krim bisa memacu kolesterol, satu sendok es krim memiliki kadar lemak dan kolesterol yang lebih tinggi dibanding burger dan donut. Semangkuk es krim memiliki 4,5 gram lemak jenuh. Kudapan seperti frozen yogurt yang rendah lemak dan buah-buahan dapat menjadi alternatif pengganti es krim.

6. Kuning Telur

Satu butir telur mengandung 186 mg kolestrol. Meskipun begitu, studi oleh badan medis non-profit Mayo Clinc dari Amerika Serikat menyebutkan bahwa mengonsumsi kurang dari empat kuning telur per minggu tidak merendahkan kesempatan seseorang mengidap penyakit jantung. Kuncinya ialah tidak mengonsumsi secara berlebihan dan terus menjaga asupan kolesterol.

Baca Berita Indonesia : Bilqis Putri Ayu Ting Ting ,Mengajukan Permintaan Saat Ulang Tahunya

 

Sumber : BERITA TERBARU
Creat By : Babeindonesia

Leave a Comment