Baca Berita Indonesia : Makan Banyak Saat Imlek? Jangan Lupakan Kadar Kolesterol

Baca Berita Indonesia : Makan Banyak Saat Imlek? Jangan Lupakan Kadar Kolesterol

Baca Berita Indonesia :  Perayaan Imlek pun sering kali dihabiskan bersama keluarga dengan agenda makan-makan. Sebelum kalap makanan hidangan lezat, ada baiknya ketahui dulu risikonya. Terlebih untuk makanan yang digoreng maupun dipanggang karena bisa jadi menyebabkan kolesterol tinggi.

“Kolesterol tinggi adalah kondisi di mana tingkat kolesterol dalam darah melampaui kadar normal sehingga dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan. Ada 2 tipe, yaitu low-density lipoproteins (LDL) dan high-density lipoproteins (HDL),” ungkap Medical Advisor Kalbe Nutritionals dr. Ervina Hasti W, Selasa (5/2/2019).

Menurut dr Ervina, kolesterol tinggi juga bisa disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol seperti daging berlemak, pengolahan dengan digoreng atau dipanggang, menggunakan mentega.

Baca Berita Indonesia : Dianggap Menyehatkan, 7 Makanan Ini Ternyata Punya Sisi Buruk Bagi Kesehatan Tubuh

 

Baca Berita Indonesia : Makan Banyak Saat Imlek? Jangan Lupakan Kadar Kolesterol

Bandar Bola

Jika dibiarkan terus menerus, sambung dr. Ervina, kolesterol tinggi dapat mengancam nyawa karena bisa menimbulkan penyakit lainnya seperti stroke, serangan jantung, dan gagal jantung.

“Kolesterol LDL dikenal sebagai kolesterol jahat, karena jika kadar kolesterol ini tinggi dapat menyebabkan penumpukan lemak di dalam pembuluh darah. Akhirnya, timbul berbagai masalah kesehatan, seperti serangan jantung, stroke, hingga gagal jantung,” tutur dr. Ervina.

Agar terhindar dari kolesterol tinggi, dr. Ervina menyarankan untuk memulai gaya hidup sehat untuk mengendalikan kadar kolesterol. Caranya bisa dengan memilih makanan dengan kadar lemak jenuh dan kolesterol yang rendah. Imbangi juga dengan makanan tinggi serat dan olahraga.

Baca Berita Indonesia : 6 Alasan Mengapa Telur Jadi Makanan Paling Sehat Di Dunia

 

Baca Berita Indonesia : Makan Banyak Saat Imlek? Jangan Lupakan Kadar Kolesterol

“Olah makanan dengan minimum minyak atau mentega, seperti dikukus, direbus atau di tumis. Imbangi dengan makanan tinggi serat dan aktif berolahraga,” sambung dia.

Bukan cuma itu, dr. Ervina juga mengatakan kolesterol tinggi bisa diatasi dengan mengonsumsi suplementasi Plant Stanol Ester (PSE) seperti yang terkandung dalam Nutrive Benecol. PSE dalam Nutrive Benecol telah teruji klinis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah 7-10% jika dikonsumsi teratur 2 kali sehari dalam 2-3 minggu.

Baca Berita Indonesia : Cara Membuat Kerang Dara Saus Tiram Yang Lezat

 

Sumber : DETIKHEALTH

Creat By : Babeindonesia

Leave a Comment