Baca Berita Indonesia : Meriahkan ‘Good France’ Restoran Ini Sajikan 5 Sajian Prancis Klasik

Baca Berita Indonesia : Meriahkan 'Good France' Restoran Ini Sajikan 5 Sajian Prancis Klasik

Baca Berita Indonesia :  Menyambut Festival Good France 2019. Restoran Orient8 hadirkan aneka hidangan Prancis klasik. Ada assiette de fromage hingga filet mignion de boeuf.

Festival hidangan khas Prancis yang dikenal dengan nama Goût de France atau Good France, merupakan festival yang diselenggarakan untuk merayakan tradisi gastronomi di Prancis. Festival ini sudah ada sejak tahun 2015 silam, dan diadakan serentak di seluruh dunia.

Hampir sama seperti tahun sebelumnya, Good France 2019 akan diselenggarakan di 6 kota besar di Indonesia. Seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Manado, dan Bali.

Setidaknya ada lebih dari 5.000 restoran yang ikut berpartisipasi dalam acara ini, dan 60 restoran dari Indonesia. Salah satunya ada restoran Prancis dan Pan-Asian, Orient8, yang bertempat di hotel Mulia Senayan, Jakarta.

Baca Berita Indonesia : Diawali Dengan Dorayaki, Kini Jajanan Jepang Makin Populer Dan Kekinian

 

Baca Berita Indonesia : Meriahkan 'Good France' Restoran Ini Sajikan 5 Sajian Prancis Klasik

Mulai dari tanggal 21 Maret hingga 28 Maret 2019 nanti, Executive Chef Orient8 Florian Lamelot bersama tim, telah menyiapkan berbagai hidangan Prancis klasik yang spesial.

Hidangan ini terbagi dalam dua set menu, yaitu ada Bistro Set Menu dan Fine Dining Set Menu.

“Festival Good France ini, merupakan festival orang Prancis yang dibawa ke Indonesia. Sehingga setiap makanan yang disajikan oleh setiap chef berbeda. Tahun ini kami menghadirkan lebih dari 15 pilihan menu, terdiri dari hidangan Prancis yang klasik. Mungkin untuk orang Prancis, semua hidangan ini sudah tidak asing lagi. Tapi bagi orang Indonesia, hidangan ini menawarkan pengalaman yang baru untuk mereka,” tutur Chef Florian kepada detikFood (14/03).

“Kami sengaja membuat dua set menu, bistro dan fine dining. Untuk set menu bistro, harganya cukup terjangkau dan penyajiannya juga cepat, karena konsepnya makanan bistro. Sementara untuk set menu fine dining, pilihan makanannya lebih mewah,” lanjut chef yang berasal dari wilayah Prancis Selatan itu.

Baca Berita Indonesia : Beefsteak Hingga Sate Lebih Enak Ditambah Lelehan Keju

 

Baca Berita Indonesia : Meriahkan 'Good France' Restoran Ini Sajikan 5 Sajian Prancis Klasik

Dalam pilihan set menu bistro, terdiri dari 7 hidangan Prancis yang bisa dipilih sesuai selera. Dimulai dari makanan pembuka, seperti Tartar de Thon Rouge, yang dibuat dari ikan tuna merah dilengkapi saus tartar. Atau bisa juga pilih koktail salad udang, yang tak kalah menggoda selera.

Ada menu Filet de Loup de Meer Ratatouille dan Steak au Poivre et Puree de Pomme de Terre, yang jadi pilihan menu hidangan utamanya. Untuk Filet de Loup, Anda akan disuguhkan dengan barramundi bakar disajikan dengan ratatouille gurih. Sementara menu Steak au Poivre, ada potongan daging beefsteak yang juicy, disajikan dengan mashed potato.

Lalu di hidangan penutup dalam set menu bistro, terdapat empat pilihan dessert. Dimulai dari Assiette de Fromage, atau sajian aneka keju Prancis. Lalu ada Fondant au Chocolat, Tarte Tatin au Pommes, hingga macaroon Petit Fours.

“Meski set menu bistro harganya lebih terjangkau, tapi semua makanan yang disajikan tetap spesial,” jelas Chef Florian.

Baca Berita Indonesia : Kenali Keju Raclette, Si Mulur Meleleh Yang Sedang Populer

 

Baca Berita Indonesia : Meriahkan 'Good France' Restoran Ini Sajikan 5 Sajian Prancis Klasik

Beralih dari set menu bistro, ada set menu fine dining yang lebih mewah dan klasik. Terdiri dari 7 hidangan Prancis, set menu ini dibuka dengan Amuse bouche, yang terdiri dari tuna tartar.

Lalu di menu hidangan pembuka ada Mousse d’Oursin Caviar Fouille d’Or, berupa mousse bulu babi (sea urchin) yang lembut, disajikan dengan caviar Sturgeon, dan daun emas. Lalu dilanjutkan dengan Vichyssoise Coquille Saint Jacques Ciboulette, yang berbahan dasar kerang. Hingga menu Hommard Condomme de Truffle Legume Choisi, yaitu lobster yang disajikan dengan kaldu jamur Truffle serta sayuran berakar.

Caille de France Petit Pois Frais atau burung puyuh panggang yang disajikan dengan kacang polong, jadi menu utama pilihan Chef Florian. Puas menyantap puyuh panggang, Anda akan dimanjakan dengan Filet Mignion de Boeuf Foie Gras Jus Rossini.

Hidangan ini terdiri dari potongan daging sapi tenderloin, lalu disajikan dengan foie gras, dan saus jamur truffle yang legit.

Baca Berita Indonesia : Kental Dan Creamy Saus Keju Paling Cocok Dipadu Dengan Makanan Ini

 

Baca Berita Indonesia : Meriahkan 'Good France' Restoran Ini Sajikan 5 Sajian Prancis Klasik

Sebagai pencuci mulut, ada dessert Vacherin. Dessert klasik ini terdiri dari keju Vacherin khas Prancis, lalu disajikan dengan es krim yoghurt, dan dilapisi jus berry merah yang terasa segar.

Menutup rangkaian fine dining yang mewah ini, ada Pommes d’Amour Poudre de Fruit Compote Chaude. Yaitu permen berbentuk buah apel atau pir, disajikan dengan bubuk buah, dan lapisan cokelat leleh manis lembut.

Untuk menikmati hidangan klasik Prancis ini, kisaran harga dimulai dari Rp 340.000++ untuk set menu bistro. Kemudian untuk set menu fine dining, dimulai dari harga Rp 1.380.000++. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, bisa hubungi (021) 5753278.

Baca Berita Indonesia : Ini Dia, 5 Kafe Bertema Serial Anime Hingga Kartun Populer Di Dunia

 

Sumber : DETIKFOOD

Creat By : Babeindonesia

Leave a Comment