Baca Berita Inodnesia : 5 Cara Produktif Walau Kurang Tidur

Baca Berita Inodnesia : 5 Cara Produktif Walau Kurang Tidur

Baca Berita Inodnesia – Idealnya orang dewasa tidur antara 7-8 jam setiap malam. Namun, aktivitas di akhir pekan atau perjalanan dari luar kota terkadang membuat seseorang kurang tidur dari jam tidur ideal.

Ketika masih kurang tidur tapi sudah harus beraktivitas berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar tetap produktif di hari ini seperrti dilansir laman Sleep.

1. Beraktivitas sebentar di bawah sinar matahari

Beraktivitas sebentar di bawah sinar matahari pagi membuat otak bahwa sudah pagi dan seharusnya terjaga. Kehadiran cahaya matahari memicu jam internal tubuh menghentikan produksi melatonin yang membuat mengantuk.

2. Banyak menggerakkan tubuh

Mungkin hal ini terdengar berlawanan dengan tubuh yang sedang merasa lemas karena kurang tidur. Namun, ketika ada kesempatan pergunakan untuk banyak bergerak. Misalnya saat ke kantor pilih naik dari tangga daripada lift. Lalu, saat makan siang sebaiknya tidak di meja kerja.

Dengan banyak bergerak akan memompa laju pernapasan. Hal ini membuat pasokan oksigen lebih optimal mengalir ke seluruh tubuh.

Baca Berita Indonesia : Dikabarkan Yamaha R1 Baru Pakai Seamless Girboks

3. Minum banyak air putih

Minum lebih banyak air putih dari hari biasa. Minum banyak air putih memang tidak akan membuat energi bertambah, tapi mencegah Anda dari dehidrasi yang jika terjadi bisa membuat suasana hati kacau dan emosi tak terkontrol.

4. Sempatkan tidur siang

Jika memungkinkan sempatkan tidur siang. Orang yang tidur siang bukan berarti tanda malas. Banyak studi yang menyatakan manfaat dari tidur siang selama 20 menit.

Sara C. Maednick, seorang ahli tidur dan penulis Take a Nap! Change Your Life, mengatakan manfaat luar biasa untuk tubuh yang lebih sehat bisa didapatkan dari tidur siang selama 15 sampai 20 menit. Waktu ini menjadi paling ideal untuk tubuh mengisi energi. Juga bermanfaat dalam meningkatkan memori serta meredam stres.

5. Jangan multitasking

Saat semalam kurang tidur, sebaiknya hari ini Anda tidak multitasking alias mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Ketika kurang tidur, memori otak bekerja lebih sedikit dan lebih lambat pulih jika terjadi gangguan. Maka, agar hari ini berjalan lancar, cukup kerjakan satu tugas dalam satu waktu.

Ketika itu semua sudah dilakukan, nanti malam cobalah untuk kembali tidur dengan normal. Sehingga esok hari bisa menjalani hari dengan lebih baik dan segar.

 

Sumber : Liputan6

Creat By :  Babeindonesia.com

Leave a Comment