Cegah Batu Ginjal Dengan Menikmati Kopi di Pagi Hari

Cegah Batu Ginjal Dengan Menikmati Kopi di Pagi Hari
Cegah Batu Ginjal Dengan Menikmati Kopi di Pagi Hari

Baca Berita Indonesia : Keberadaan batu ginjal biasanya menyebabkan nyeri yang amat sangat dimulai pada sisi tubuh atau punggung, di bawah pinggul serta bergerak ke perut bagian bawah dan pangkal paha. Rasa nyeri berubah seiring dengan pergerakan batu ginjal pada saluran urin. Batu ginjal juga bisa menyebabkan Anda kesulitan berkemih dan hal ini akan semakin memperburuk kondisi.

Hindari terbentuknya batu di dalam ginjal Anda dengan langkah-langkah berikut.

Minum Air dan Minum lagi
Batu ginjal biasanya terdiri dari kalsium baik itu fosfat maupun oksalat. Mineral diserap dari makanan dan biasanya dibuang melalui urin. Ketika urin terlalu pekat, mineral dapat mengkristal untuk membentuk batu. Minum setidaknya enam sampai delapan gelas air sehari untuk menjaga urin tidak menjadi terlalu pekat.

Menghindari Soda
Sebuah studi terbaru dari Brigham and Women’s Hospital menemukan bahwa orang yang minum setidaknya satu porsi minuman ringan bergula setiap hari memiliki risiko 23 persen lebih tinggi terkena batu ginjal daripada mereka yang minum kurang dari satu porsi dalam seminggu.
Mengapa? Karena fruktosa di dalam minuman tersebut dapat meningkatkan kadar kalsium, oksalat, dan ekskresi asam urat, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap pembentukan batu ginjal.

Nikmati Secangkir Kopi Pagi
Orang yang minum setidaknya satu cangkir kopi berkafein memiliki risiko 26 persen lebih rendah menderita batu ginjal. Sedangkan mereka yang minum kopi tanpa kafein memiliki risiko 16 persen lebih rendah, dan peminum teh 11 persen lebih rendah, menurut sebuah studi yang dimuat dalam Journal Clinical of American Society of Nephrology.

Kurangi Protein
Para ahli mengatakan terlalu banyak protein dapat menciptakan lingkungan yang ideal untuk batu ginjal berkembang. Cobalah untuk mengurangi asupan daging terutama daging merah.


Sumber : BERITA TERBARU

Creat By : Babeindonesia

Leave a Comment